Evaluasi Kegunaan dan Perancangan Desain Rekomendasi Antarmuka Aplikasi DOKU dengan Metode Usability Testing dan User Centered Design

Authors

DOI:

https://doi.org/10.61769/jurtel.v18i1.555

Keywords:

DOKU, usability, UCD, usability testing, SUS

Abstract

DOKU merupakan layanan dompet digital pertama yang hadir di Indonesia pada tahun 2007 silam. Pada platform Play Store dan Apps Store terdapat 20.000 lebih review dari pengguna pada akhir bulan Juni 2022 yang berisi tidak sedikit pengguna memberikan kritik dan keluhan terhadap aplikasi DOKU terkait fitur yang belum bisa memenuhi kebutuhan pengguna dan kurang nyamannya antarmuka pada aplikasi DOKU saat ini. Dengan temuan masalah tersebut maka perlu untuk mengetahui tingkat usability terhadap aplikasi DOKU, membuat desain rekomendasi antarmuka untuk aplikasi DOKU yang sesuai dengan kebutuhan pengguna berdasarkan evaluasi desain aplikasi DOKU, dan juga mengetahui tingkat usability desain rekomendasi dari aplikasi DOKU setelah dilakukannya perbaikan dengan menggunakan usability testing, kuesioner SUS, serta pendekatan proses desain dengan metode User Centered Design (UCD). Aspek yang menjadi dasar acuan dalam evaluasi usability pada aplikasi DOKU, yaitu learnability, efficiency, dan satisfaction. Pada pengujian pertama didapatkan nilai usability dari aplikasi DOKU pada aspek learnability sebesar 90% dan 74,16%, aspek efficiency sebesar 0,00779 Goals/Sec dan 0,00356 Goals/Sec, dan aspek satisfaction sebesar 38,5 dan 35. Setelah dihasilkan desain rekomendasi terhadap aplikasi DOKU, nilai usability menjadi lebih baik dengan aspek learnability sebesar 99% dan 98%, aspek efficiency sebesar 0,001101 Goals/Sec dan 0,00908 Goals/Sec, dan aspek satisfaction sebesar 84,5 dan 75.

 

DOKU is the first digital wallet service that was present in Indonesia in 2007. On the Play Store and Apps Store platforms, there were more than 20,000 reviews from users at the end of June 2022 which contains not a few users providing criticism and complaints about the DOKU application regarding features that have not been able to meet user needs and the lack of comfort of the interface in the current DOKU application. With the findings of these problems, it is necessary to determine the level of usability of the DOKU application, make interface recommendation designs for the DOKU application that are in accordance with user needs based on the evaluation of the DOKU application design, and also determine the level of usability of the recommended design of the DOKU application after improvements are made using usability testing, SUS questionnaires, and a design process approach with the User Centered Design (UCD) method. The aspects that become the basis of reference in evaluating the DOKU application’s usability are learnability, efficiency, and satisfaction. In the first test, the usability value of the DOKU application in the learnability aspect was 90% and 74.16%, the efficiency aspect was 0.00779 Goals/Sec and 0.00356 Goals/Sec, and the satisfaction aspect was 38.5 and 35. After the recommendation design for the DOKU application was produced, the usability value became better with the learnability aspect of 99% and 98%, the efficiency aspect was 0.001101 Goals/Sec and 0.00908 Goals/Sec, and the satisfaction aspect was 84.5 and 75.

Author Biographies

Husein Arief Budiman, Diponegoro University

Departemen Ilmu Komputer/Informatika

Widowati Widowati, Universitas Diponegoro

Departemen Matematika

Prajanto Wahyu Adi, Universitas Diponegoro

Departemen Ilmu Komputer/Informatika

References

R. Pahlevi, “Survei KIC: Kalahkan ATM, Dompet Digital Jadi Produk Keuangan Yang Paling Banyak Digunakan,” databoks.katadata.co.id, 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/17/survei-kic-kalahkan-atm-dompet-digital-jadi-produk-keuangan-yang-paling-banyak-digunakan

M. Pradana, “Review DOKU e-Wallet: Cara Daftar, Kelebihan, dan Kekurangan,” investbro.id, 2022. https://investbro.id/review-doku-e-wallet/

P. Morville, “User Experience Design,” Semantic Studios, 2004. http://semanticstudios.com/user_experience_design/

J. Nielsen, “Usability 101: Introduction to Usability,” Nielsen Norman Group, 2012. https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/

J. Nielsen, Usability Engineering, 1st ed. San Francisco: ‎ Morgan Kaufmann, 1993.

W. Handiwidjojo dan L. Ernawati, “Pengukuran tingkat ketergunaan (usability) sistem informasi keuangan (studi kasus: Duta Wacana Internal Transaction (Duwit)),” J. Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, 2016.

I. M. H. Kusumawardhana, N. H. Wardani, dan R. A. Perdanakusuma, “Evaluasi usability pada aplikasi BNI mobile banking dengan menggunakan metode usability testing dan system usability scale (SUS),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 8, hlm. 7708–7716, 2019.

J. Brooke, “SUS: a ‘quick and dirty’ usability scale,” Usability Eval. Ind., no. July, hlm. 207–212, 2020, doi: 10.1201/9781498710411-35.

M. Indra Gunawan, R. Indah Rokhmawati, dan N. Hendrakusma Wardani, “Evaluasi dan perbaikan antarmuka pengguna menggunakan pendekatan user centered design (UCD) dan card sorting (studi kasus: website Awake Project Malang),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 5, hlm. 4835–4845, 2019, [Daring]. Tersedia: http://j-ptiik.ub.ac.id

Y. P. Savira, I. V Paputungan, dan B. Suranto, “Analisis user experience pada pendekatan user centered design dalam rancangan aplikasi Placeplus,” Automata, vol. 1, no. 2, hlm. 28–29, 2020.

B. Still dan K. Crane, Fundamentals of User-Centered Design: A Practical Approach, 1st ed. London: CRC Press, 2016.

S. Hadi Wijoyo dan K. Candra Brata, “Evaluasi usability dan perbaikan antarmuka pengguna aplikasi Bima Plus menggunakan metode usability testing dan user-centered design (UCD),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 6, hlm. 2548–964, 2021, [Daring]. Tersedia: http://j-ptiik.ub.ac.id

W. A. Pramono, H. M. Az-Zahra, dan R. I. Rokhmawati, “Evaluasi usability pada aplikasi MyTelkomsel dengan menggunakan metode usability testing,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 3, hlm. 2235–2242, 2019.

M. F. Haikal dan E. Suharto, “Penerapan user centered design (UCD) dalam peningkatan ketergunaan sistem informasi ‘SiCantik’ pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemerintah Kota Medan,” J. Masy. Inform., vol. 12, no. 2, hlm. 78–92, 2021, doi: 10.14710/jmasif.12.2.41755.

M. U. A. Iryanto, W. H. N. Putra, A. Dwi, dan Herlambang, “Evaluasi usability aplikasi Siap Tarik dengan menggunakan metode usability testing dan system usability scale (SUS) pada Puskesmas Tarik Sidoarjo,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 8, hlm. 7708–7716, 2019.

N. Alfiqie, M., Aknuranda, I. dan Wardani, “Evaluasi usability pada aplikasi Uber menggunakan pengujian usability,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 9, hlm. 2599–2606, 2018.

J. Nielsen, “Why You Only Need to Test with 5 Users,” Nielsen Norman Group, 2000. https://www.nngroup.com/articles/why-you-only-need-to-test-with-5-users/

J. Nielsen dan R. Budiu, “Success Rate: The Simplest Usability Metric,” Nielsen Norman Group, 2001. https://www.nngroup.com/articles/success-rate-the-simplest-usability-metric/

M. Beaudouin-Lafon dan W. Mackay, “Prototyping tools and techniques,” dalam The Human-Computer Interaction Handbook, 2nd ed., London: CRC Press, 2007. doi: 10.1201/9781410615862-66.

K. McElroy, Prototyping for Designers: Developing the Best Digital and Physical Products, 1st ed. California: O’Reilly Media, 2017.

Published

2023-09-28

Issue

Section

Articles