Penerapan Metode Think Aloud untuk Evaluasi Usability pada Website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota MNO
DOI:
https://doi.org/10.61769/telematika.v16i1.389Keywords:
evaluasi antarmuka, Think Aloud, usability, website, task scenarioAbstract
The MNO City Education and Culture Office is an agency that implements a website for disseminating information about MNO city education and culture. However, there are some features provided on the website that cannot be functioned. In addition, there is also the use of uncommon terms. Therefore, this research was conducted to evaluate the appearance of the website of the MNO City Education and Culture Office. This study evaluates usability using the Think Aloud method. The system tested by involving the user, or end-user, by verbalizing on an ongoing basis of the user feels and thinks. This study conducted seven task scenarios involving eight respondents of various ages, from teenagers to adults. The results of this research are recommendations to improve the website in the form of a prototype in HTML format. This recommendation can be used as evaluation material and reference in improving and developing the website of the MNO City Education and Culture Office.
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota MNO merupakan instansi yang menerapkan website dalam menyebarkan informasi mengenai pendidikan dan kebudayaan kota MNO. Namun, ada beberapa fitur yang disediakan pada website tersebut tidak bisa difungsikan. Selain itu, terdapat juga penggunaan istilah-istilah yang tidak umum. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi tampilan website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota MNO. Penelitian ini melakukan evaluasi usability dengan metode Think Aloud. Dengan metode Think Aloud ini, sistem diuji dengan melibatkan pengguna sistem, atau end user, dengan cara verbalisasi secara berkelanjutan terhadap hal yang dirasakan dan dipikirkan oleh pengguna. Penelitian ini melakukan tujuh task scenario yang melibatkan delapan responden dari berbagai kalangan usia, mulai dari remaja hingga dewasa. Hasil penelitian ini adalah rekomendasi perbaikan berupa prototipe dalam format HTML. Rekomendasi ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan referensi dalam memperbaiki dan mengembangkan website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota MNO.
References
S. Anshor, “Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran,” J. Ilmu Pendidik. PKN dan Sos. Budaya, vol. 2, no. 1, hlm. 88–100, 2018.
M. Destiningrum dan Q. J. Adrian, “Sistem informasi penjadwalan dokter berbasis web dengan menggunakan framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre),” J. Teknoinfo, vol. 11, no. 2, hlm. 30, 2017. DOI: 10.33365/jti.v11i2.24.
Y. M. Geasela, P. Ranting, dan J. F. Andry, “Analisis user interface terhadap website berbasis e-learning dengan metode Heuristic Evaluation,” J. Inform., vol. 5, no. 2, hlm. 270–277, 2018. DOI: 10.31311/ji.v5i2.3741.
D. R. Rahadi, “Pengukuran usability sistem menggunakan Use Questionnaire pada aplikasi Android,” Jurnal Sistem Informasi (JSI), vol. 6, no. 1, hlm. 661–671, 2014.
E. P. B. Pangaribuan, K. P. Utomo, I. Mas’ud, dan D. B. Tandirau, “Analisis user interface pada situs web Dinas Ketenagakerjaan Kota XYZ dengan Metode Heuristic Evaluation,” SPECTA Journal of Technology., vol. 4, no. 2, hlm. 63–74, 2020. DOI: 10.35718/specta.v4i2.213.
L. Rahmi, “Evaluasi usability fitur webshare pada aplikasi Share It menggunakan metode Thinking-Aloud,” Ultima InfoSys-Jurnal Sistem Informasi, vol. 10, no. 2, hlm. 111–118, 2020. DOI: 10.31937/si.v10i2.1199.
M. I. Sya’roni, A. P. Kharisma, dan F. Amalia, “Perbandingan hasil metode evaluasi usability antara Heuristic Evaluation dengan Think Aloud pada kasus web Filkom Apps untuk mahasiswa,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Kompuer, vol. 2, no. 2, hlm. 674–678, 2018.
F. S. Putra, H. M. Az-zahra, dan L. Fanani, “Evaluasi usability aplikasi perangkat bergerak Algoritmakopi menggunakan metode Usability Testing,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 8, pp. 8130–8139, 2019.
N. Luh Putri Ari Wedayanti, N. Kadek Ayu Wirdiani, dan I. Ketut Adi Purnawan, “Evaluasi aspek usability pada aplikasi Simalu menggunakan metode Usability Testing,” J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), vol. 7, no. 2, hlm. 113, 2019. DOI: 10.24843/jim.2019.v07.i02.p03.
M. I. F. Pratama, H. M. Az-Zahra, dan N. Y. Setiawan, “Evaluasi usability menggunakan metode Think Aloud dan Heuristic Evaluation pada aplikasi mobile Padiciti,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 9, hlm. 8390–8399, 2019.
D. A. P. A. Widhiani, I. K. R. Arthana, dan I. M. A. Pradnyana, “Analisa user experience pada Sistem Informasi Akademik Universitas Pendidikan Ganesha ditinjau dari pengguna mahasiswa,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 15, no. 1, 2018. DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v15i1.13048.
Downloads
Published
Issue
Section
License
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.