STRATEGI PEMASARAN PRE-SCHOOL ”X” BERDASARKAN PADA ANALISIS PERILAKU KONSUMEN
DOI:
https://doi.org/10.61769/telematika.v5i1.36Abstract
Strategi pemasaran yang dirancanga denganmemperhitungkan faktor perilaku dari konsumennya, akan
menghasilkan rancangan strategi yang lebih baik. Perilaku
konsumen, pada umumnya dapat dibedakan menjadi faktor
internal dan faktor eksternal. Faktor internal dapat berupa
motivasi, sikap, sumber daya konsumen, dan pengetahuan
sedangkan faktor eksternal yaitu rekomendasi, budaya, kelas
sosial dan situasi.
Objek penelitian ini adalah salah satu produk jasa
yaitu preschool. Pada penelitian ini diuji suatu model penelitian,
untuk mengetahui apakah variabel Motivasi, Sikap, Sumber
Daya Konsumen, Pengetahuan, Rekomendasi, Budaya, Kelas
Sosial, dan variabel Situasi tersebut mempengaruhi variabel
Keputusan Pemilihan Preschool. Berdasarkan hasil pengolahan
data menggunakan AMOS ver 6.0, didapatkan urutan variabel
yang memiliki pengaruh mulai yang terbesar terhadap variabel
Keputusan Pemilihan Preschool adalah variabel Rekomendasi,
Pengetahuan, Motivasi, Sikap, Budaya, dan Sumber Daya
Konsumen.
Berdasarkan variabel-variabel yang berpengaruh
tersebut, dirancang suatu usulan strategi pemasaran dengan
menggunakan bauran pemasaran 7P, yaitu : Place, Price,
Promotion, Product, People, Physical Evidence, dan Process.
Strategi pemasaran yang diusulkan adalah : personnel selling,
advertising, sponsorship (Promotion); pemakaian seragam untuk
seluruh staff, lingkungan sekolah yang bersih, bangunan yang
didesain sesuai karakter anak-anak, brosur yang
menggambarkan karakteristik jasa (Physical evidence);
kemudahan akses informasi melalui nonlocational place yaitu
layanan telepon atau internet (Place); fasilitas-fasilitas
tambahan, kurikulum yang berhubungan dengan nilai-nilai
agama (Product); sikap setiap staff yang ramah ketika
berinteraksi dengan konsumen (People); kemudahan prosedur
pendaftaran (Process).
References
____,<http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan#Pendidikan_Anak_Usia
_Dini>, (accessed June 2007)
Loudon, David L. dan Della Bitta, Albert J. (1979) Consumer
Behavior: Concepts and Applications. McGraw-Hill. United
States of America.
Kotler, Philip. (2005) Manajemen Pemasaran, Jilid 2 Edisi Bahasa
Indonesia. Prentice-Hall, Inc. New Jersey.
____, < http://www.expat.or.id/info/preschool.html>, (accessed
June 2007)
Hair, Anderson, Tatham, & Black, 1998, Multivariate Data
Analysis, Fifth Edition, New Jersey : Prentice-Hall International Inc.
Engel, James. (1994) Perilaku Konsumen, Jilid 1 Edisi Keenam.
Binarupa Aksara. Indonesia.
Soeratno dan Arsyad,Lincolin. (1988) Metodologi Penelitian untuk
Ekonomi dan Bisnis. BPFE. Yogyakarta.
Schumaker-Lomax. (2004) Beginner’s Guide to Structural
Equation Modeling, Second Edition. Lawrence Erlbaum
Associates, Inc. New Jersey.
Kotler, Philip. (2005) Manajemen Pemasaran, Jilid 1 Edisi Bahasa
Indonesia. Prentice-Hall, Inc. New Jersey
Ghozali, Imam. (2004) Model Persamaan Struktural, Konsep dan
Aplikasi dengan Program AMOS Ver. 5.0. Progress. Semarang.
____, < http://id.wikipedia.org/wiki/Mobilitas_sosial>, (accessed
June 2007).
Downloads
Published
Issue
Section
License
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.