Perancangan E-Commerce dengan Business Model Canvas untuk Peningkatan Penjualan pada Toko Parfum

Authors

  • Arief Indrawan Putra Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
  • Anita Diana Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.61769/telematika.v15i1.342

Keywords:

parfum, e-Commerce, Content Management System, Search Engine Optimization, Business Model Canvas

Abstract

This research takes a case study in a shop engaged in the sale of perfume. In its business process, the perfume shop has problems, including the product ordering process, which takes a little longer. The seller must tell the price of the product, check the available stock of the product, and confirm with the customer the availability of the product. So, it takes longer for each transaction that occurs. An error also occurred when recording data and lost information in paper form. Therefore, this perfume shop needs an e-commerce business using a website to solve these problems. E-commerce website built based on a content management system (CMS) with the WordPress application. CMS can create, organize, distribute, publish, and maintain a company or institution's information without having to master HTML tags to apply it. One of the CMS applications is WordPress, which is easy to use. The step taken is analyzing business processes with a Business Model Canvas (BMC) approach, then building an e-commerce business by designing a website based on a Content Management System (CMS) with Wordpress. This website-based e-commerce business can transform conventional business models into e-commerce business models to increase product sales, reduce data recording errors, and generate sales reports with data stored in databases. This system can also make it easier for customers to place orders online and get product information to make the purchasing process more efficient.

 

Penelitian ini mengambil studi kasus di toko yang bergerak di bidang penjualan parfum. Dalam proses bisnisnya toko parfum tersebut mempunyai masalah, di antaranya proses pemesanan produk memakan waktu sedikit lama. Penjual harus memberi tahu harga produk, memeriksa stok produk yang tersedia, dan mengonfirmasi kepada pelanggan akan ketersediaan produk, sehingga memerlukan waktu lebih lama pada setiap transaksi yang terjadi. Terjadi kesalahan juga pada saat pencatatan data dan hilangnya informasi dalam bentuk kertas. Oleh karena itu, toko parfum ini membutuhkan sebuah bisnis e-commercemenggunakan website untuk mengatasi permasalahan tersebut. Website e-commerce yang dibangun berbasis content management system (CMS) dengan aplikasi WordPress. CMS dapat membuat, mengatur, mendistribusikan, mempublikasikan, dan menjaga sebuah informasi suatu perusahaan atau institusi tanpa harus menguasai tag HTML untuk mengaplikasikannya. Salah satu aplikasi CMS adalah WordPress yang mudah digunakan. Langkah yang dilakukan adalah menganalisis proses bisnis dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC), kemudian membangun bisnis e-commerce dengan merancang website berbasis Content Management System (CMS) dengan WordPress. Bisnis e-commerce yang dibuat berbasis website ini dapat mengubah model bisnis konvensional menjadi model bisnis e-commerce untuk meningkatkan penjualan produk, mengurangi kesalahan pencatatan data, dan menghasilkan laporan penjualan dengan data yang tersimpan di dalam database. Sistem ini juga dapat memudahkan pelanggan melakukan pemesanan secara online dan mendapatkan informasi produkagar proses pembelian menjadi lebih efisien.

Author Biographies

Arief Indrawan Putra, Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Lulusan Strata I (S1) pada jurusan Sistem Informasi bidang Technopreneurship pada tahun 2020 dari Universitas Budi Luhur.

Anita Diana, Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur

Lulusan S1 dari jurusan Sistem Informasi, bidang Ilmu Komputer, pada tahun 2005 dari Universitas Budi Luhur. Lulusan S2 jurusan Manajemen Fungsi Sistem Informasi, bidang Ilmu Komputer, pada tahun 2010 dari Universitas Budi Luhur.

References

D. P. Jailani dan H. Patrie, “Analisis dan rancangan sistem informasi penjualan parfum berbasis e-commerce pada Toko Seruni Parfum,” J. Idealis, vol. 2, no. 5, hlm. 98–105, 2019.

S. Saputra, “Uji kelayakan pada bisnis ritel Toko Dunia Parfum menggunakan Business Model Canvas.” Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2016.

S. M. Widodo dan J. Sutopo, “Metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui pola kepuasan pelanggan pada e-commerce model business to customer,” J. Inform. Upgris, vol. 4, no. 1, hlm. 38–45, 2018.

A. Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan JAVA. Yogyakarta: Andi, 2009.

K. Y. P. Dinata dan E. Chumaidiyah, “Pengembangan model bisnis pada Serantau Coffee dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas,” eProceedings Eng., vol. 6, no. 2, 2019.

A. Osterwalder dan Y. Pigneur, Business Model Generation: a Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. John Wiley & Sons, 2010.

A. Osterwalder dan Y. Pigneur, “Business model canvas,” Self Publ. Last, 2010.

J. L. Ledford, Search Engine Optimization Bible, vol. 584. Canada: John Wiley & Sons, 2015.

W. A. Triyanto dan N. Susanti, “Optimasi meta tag HTML untuk meningkatkan Search Engine Optimization (SEO) pada website e-commerce UMKM,” Netw. Secur., vol. 6, no. 4, pp. 1–5, 2017.

E. Turban, J. Outland, D. King, J. K. Lee, T.-P. Liang, dan D. C. Turban, Electronic Commerce 2018 : a Managerial and Social Networks Perspective. Springer, 2017.

V. Vysotska, V. B. Fernandes, dan M. Emmerich, “Web content support method in electronic business systems.,” in Colins, 2018, hlm. 20–41.

H. Stern, D. Damstra, dan B. Williams, Professional WordPress : Design and Development. Indianapolis, Indiana: Wiley Publishing, 2010.

E. Oley, E. S. R. Sentinuwo, A. A. E. Sinsuw, dan U. S. Ratulangi, “Sistem pemesanan makanan dan minuman berbasis website (studi kasus: Taipan Restoran),” J. Tek. Elektro dan Komput., vol. 5, no. 4, hlm. 89–100, 2016.

A. Hendini, “Pemodelan UML sistem informasi monitoring penjualan dan stok barang (studi kasus: Distro Zhezha Pontianak),” J. Khatulistiwa Inform., vol. 4, no. 2, 2016.

H. Artanto dan F. Nurdiyansyah, “Penerapan SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan penjualan produk,” Jointecs Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 2, no. 1, hlm. 2–5, 2017.

Downloads

Published

2020-12-31

Issue

Section

Articles