Pengembangan Sistem Digital Signage Berbasis Location Based Advertising untuk Angkutan Umum

Authors

  • Sinung Suakanto Departemen Teknologi Informasi Insititut Teknologi Harapan Bangsa
  • Dina Angela Departemen Teknologi Informasi Insititut Teknologi Harapan Bangsa
  • Herry Imanta Sitepu Departemen Teknologi Informasi Insititut Teknologi Harapan Bangsa
  • Irwansa Ryan Sulingallo Departemen Teknologi Informasi Insititut Teknologi Harapan Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.61769/telematika.v12i1.184

Keywords:

Digital signage, Perangkat tertanam, Periklanan berbasis lokasi, Sistem informasi periklanan, Sistem informasi angkutan umum

Abstract

Pengguna transportasi umum seringkali membutuhkan informasi yang berkaitan dengan tempat-tempat yang dilewati sepanjang rutenya. Informasi tersebut biasanya dapat diketahui dengan memperhatikan papan iklan, spanduk, atau papan nama yang terpampang di area tersebut, bahkan tidak jarang pula harus dicari terlebih dahulu melalui Internet. Pencarian informasi dengan cara seperti itu akan cukup memakan waktu. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan rancangan sistem yang dapat menyampaikan informasi terkait lokasi tertentu dengan cepat dan tepat pada kendaraan yang sedang bergerak. Teknologi digital signage dapat diusulkan untuk menjadi alternatif solusinya. Teknologi ini dapat dikembangkan untuk memberikan informasi terkait lokasi tertentu dimana teknologi tersebut dapat diterapkan pada kendaraan yang sedang bergerak. Informasi tersebut ditampilkan pada suatu layar monitor yang dipasang di kendaraan, seperti LCD atau TV LED, sehingga mudah untuk dilihat. Sistem ini dirancang dengan dukungan teknologi embedded device yang berfungsi untuk menyimpan serta mendistribusikan informasi pada sistem digital signage. Sistem ini dapat disebut sebagai location based advertising yang diharapkan dapat membaca koordinat lokasi yang dilewati oleh kendaraan umum. Dengan adanya sistem digital signage ini, informasi suatu lokasi bagi pengguna transportasi umum dapat dilakukan secara otomatis, cepat, dan tepat.

References

A. D. Dirgantara, Ella Meilani, dan Elisafina Siswanto. “Media Pandu Pengguna Jalur Transportasi Umum Kota Bandung.” Jurnal Telematika ITHB, vol. 8, vol. 2, pp. 20-25, Desember 2013.

C. Chao, Canan Corus, and Tiger Li. "Balancing traditional media and online advertising strategy." International Journal of Business, Marketing, and Decision Sciences 5.1, pp. 12-24, 2012.

C. Ververidis and George C. Polyzos. "Location-Based Services in Mobile Communications Industry." Encyclopedia of E-Commerce, E-Government, and Mobile Commerce. IGI Global, pp. 716-721, 2006.

J. Schaeffler. Digital signage: software, networks, advertising, and displays: a primer for understanding the business. CRC Press, 2012.

H. Sitepu, Faris Mazini Muchma, dan Dina Angela. “Pengembangan Aplikasi e-Learning Berbasis WebRTC.” Jurnal Telematika ITHB, vol. 11, no. 2, pp. 71-80, Desember 2016.

P. Ryan Herman Dwi, S. Herry dan S. Novi. “Penerapan Metode Haversine Formula pada Sistem Informasi Geografis Pengukuran Luas Tanah” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, 2015.

Raspbery Pi. "Raspberry pi." Raspberry Pi 1, 2013.

R. Bakti Diputra dan Budi Hartanto Susilo. “Studi Kinerja Operasi Damri di Kota Bandung”. Internet: repository.maranatha.edu/2789/8/9621099_Journal.pdf [10 Jul 2017].

R. Unni and Robert Harmon. "Perceived Effectiveness of Push vs. Pull Mobile Location-based Advertising." Journal of Interactive Advertising 7.2, pp. 28-40, 2007.

Serupedia. Internet: www.serupedia.com/2015/02/ini-dia-tarif-iklan-di-televisi-dan.html [18 Feb 2015].

S. Gharge, et al. “Real Time Bus Monitoring System Using GPS”, IRACST–Engineering Science and Technology: An International Journal (ESTIJ), vol.2, no. 3, pp. 441-448, June 2012.

T. A. Nugroho, Sinung Suakanto, Bernad Robinson H, dan Dina Angela, Implementasi Machine-to-Machine untuk Sistem Pemantau Kualitas Udara dan Sungai, Jurnal Telematika ITHB, vol. 9, no.1, pp. 4-7, Agustus 2014.

Downloads

Published

2017-10-03

Issue

Section

Articles