Perancangan Kampanye Etika Komunikasi pada Media Sosial

Authors

  • Egi Anwari Departemen Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Harapan Bangsa
  • Fedora Devona Diogitta Koerniawan Departemen Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Harapan Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.61769/telematika.v10i2.134

Keywords:

Komunikasi, Media Sosial, Etika Berkomunikasi

Abstract

Komunikasi merupakan kebutuhan yang penting bagi manusia sebagai mahluk sosial. Sejak ditemukannya media sosial, komunikasi mulai dilakukan secara bebas dan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Di satu sisi, media sosial membantu menghubungkan manusia dengan manusia lainnya tanpa dibatasi jarak dan waktu, namun di lain sisi, komunikasi di dalam media sosial cenderung memperbesar resiko terjadinya kesalahan komunikasi khususnya pada remaja di Indonesia yang memiliki 72 juta pengguna aktif media sosial. Kini, media sosial seakan-akan menjadi kebutuhan primer dan bukan sebagai alat pendukung kebutuhan lagi. Tujuan media sosial yang sebelumnya digunakan untuk bersosialisasi dengan sesama, justru saat ini banyak menghasilkan generasi antisosial dan antipati terhadap sesamanya. Oleh sebab itu, kaum remaja perlu diingatkan mengenai pentingnya mempraktekkan etika berkomunikasi dalam media sosial supaya menghasilkan generasi yang lebih santun dan peduli terhadap sesama. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah perancangan kampanye. Diharapkan melalui penelitian ini, remaja dapat menggunakan media sosial dengan etika yang baik sehingga menghasilkan dampak positif bagi generasi muda.

Communication process is a crucial need for human as a social beings. Since the invention of social media, communication started to be applied freely, not being limited by time and places. Social media helps connecting people, but in other side,  communication process in social media tend to increase miscommunication risks, especially for Indonesian’s teenagers as part of our 72 million active social media users. Nowadays, people seem to perceive social media as a primary needs and not as a complementary needs anymore.Previously, social media has purpose to socialize each other, but present, it has shifted a lot, creating an antisocial and antipathetic generation. Therefore, the teenagers need to be reminded about the importance to value the communication ethics in social media to produce a more respectful generation. One of the solution is to create a social campaign. With this study and research, hopefully the teenagers generation could apply the proper ethical communication in social media to give a positive impact for the young generations to come.

Author Biographies

Egi Anwari, Departemen Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Harapan Bangsa

Egi Anwari, lahir di Bandung pada tahun 1971 dan menyelesaikan studi S1 Jurusan DKV STISI Bandung pada tahun 1997. Menyelesaikan studi S2 di Magister Desain ITB tahun 2012. Memiliki minat pada bidang kemasan, branding dan periklanan.

Fedora Devona Diogitta Koerniawan, Departemen Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Harapan Bangsa

Fedora Devena Diogitta Koerniawan, lahir di Bandung pada tanggal 19 November 1992 dan menyelesaikan studi S1 Jurusan Desain Komunikasi Visual pada tahun 2015 di Institut Teknologi Harapan Bangsa. Saat ini, Devena sedang menekuni bidang branding dan promotion dengan membuka jasa yang memiliki lingkup desain grafis, video, dan sosial media marketing yang bernama Folkways.Co yang terletak di Bandung.

References

B. A. Fisher. Teori-Teori Komunikasi. Bandung: CV. Remadja Karya. 1978.

L. Ali. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 1996.

M. Dahlan Alwi. Manusia Komunikasi, Komunikasi Manusia. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara. 2008.

On Device Research. Indonesia the Social Media Capital of the World. 2013. [Online] http://ondeviceresearch.com/. [Februari 2015].

R. G. King. Fundamentals of Human Communication. New York: Macmillan Publishing Co., Inc. 1979.

T. Chua. Mining User Generated Content. Merseyside: CRC Press. 2014.

We Are Social. Digital, Social & Mobile in 2015. [Online] http://wearesocial.sg/. 2015. [22 Januari 2015].

Published

2016-12-07

Issue

Section

Articles