The Analisis Lokasi, Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Mixue Di Kota Bandung

Analisis Lokasi, Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Mixue Di Kota Bandung

Authors

  • Shirley Maria Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan Bangsa

Keywords:

Lokasi, Harga, Kualitas Produk, Promosi, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Usaha kuliner kini terus mengalami perkembangan sehingga menyebabkan bertahannya persaingan, maka perusahaan perlu memikirkan dengan matang strategi pemasarannya dengan menciptakan nilai yang tinggi pada pelanggan dari pada pesaing yang menawarkan produk yang serupa. Penyesuaian bisnis pada kegemaran konsumsi masyarakat dapat membawa keuntungan bagi perusahaan serta memunculkan kepuasan pelanggan dari beberapa faktor yang menjadi penelitian ini yaitu lokasi, harga, kualitas produk, dan promosi. Penelitian ini mengambil salah satu usaha kuliner yang telah tersebar di kota Bandung yaitu Mixue Ice Cream & Tea yang kini telah tersebar sebanyak 67 outlet di kota Bandung pada tahun 2022 ini yang memudahkan pelanggan untuk melakukan pembelian produk, harga Mixue yang dikenal sangat terjangkau, kualitas produk yang dinilai baik, dan strategi promosi yang telah dilakukan oleh Mixue dimana hal ini dapat menjadi penyebab mereka yang pernah menunjungi outlet atau membeli produk Mixue (pelanggan Mixue) mengalami kepuasan yang dipengaruhi oleh keempat variabel tersebut. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk menganalisis terkait 4 variabel (lokasi, harga, kualitas produk, dan promosi) yang menjadi penyebab timbulnya kepuasan pelanggan. Jenis penelitian ini merupakan kausal bersifat kuantitatif yang datanya diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS versi 25. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel minimal sebanyak 120 responden, tetapi peneliti berhasil memperoleh sebanyak 131 dari 147 responden yang memenuhi kriteria. Dari penyebaran kuesioner dan pengolahan data yang dilakukan, hasil penelitian ini membuktikan bahwa lokasi, harga, kualitas produk, dan promosi secara simultan maupun parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Mixue di kota Bandung

References

Bandungbergerak.id. (2021). Data 10 Komoditas Paling Banyak Dibeli Warga Bandung Tahun 2020, Makanan Siap Saji Kedua. Diakses dari https://bandungbergerak.id/article/detail/646/data-10-komoditas-paling-banyakdibeli-warga-bandung-tahun-2020-makanan-siap-saji-kedua.

Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan. Makassar: Global Research and Consulting Institute (Global-RCI).

Databoks.katadata.co.id. (2022). Pengeluaran Konsumsi Masyarakat Naik 4,34% pada kuartal I, 2022 referensi https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/05/10/pengeluaran konsumsi-masyarakat-naik-434-pada-kuartal-i-2022.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goodstats.id. (2022). Usaha Kuliner di Indonesia dalam Bingkai Statistik. Diakses dari https://goodstats.id/article/lebih-dari-10000-usaha-kuliner-ada-di-indonesiabagaimana-statistiknya-OTIU5.

Hair JR, J.F., et al. (2014). Multivariate Data Analysis, Seventh Edition. USA: Pearson.

Kotler, P., Keller, K.L., & Chernev, A. (2022). Marketing Management. 16Th edition. United States: Pearson Education.

Rizal, F. (2022). Efek Lokasi, Promosi, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Nobel Management Review, 3(2), 227-235.

Setiyaningrum, A., Udaya, J., & Efendi. (2015). Prinsip - Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andioffset.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pemasaran: Esensi & Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Downloads

Published

2024-10-06