PERENCANAAN STRATEGI UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN DALAM BERSAING DI CHECO CAFÉ AND RESTO

Authors

  • Tommy Rezky Tahir Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.61769/jabs.v7i2.604

Abstract

Penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan jenis data kualitatif. Pengambilan data untuk penelitian ini pun dengan cara mewawancara owner, manajer dan konsumen yang bersangkutan di Checo Café and Resto. Pada tahap pertama penelitian ini melakukan tahap pengumpulan data dengan menggunakan metode Internal Factor Analysis Summary (IFAS) dan External Factor Analysis Summary (EFAS) lalu melakukan tahap analisis dengan menggunakan GE Matrix dan TOWS Matrix. Dari teknik pengumpulan data didapatkan hasil IFAS 3,125 dan EFAS 3,075. Dari hasil skor IFAS dan EFAS ini menunjukkan posisi perusahaan pada posisi pertumbuhan dengan menggunakan GE Matrix. Berdasarkan dengan menggunakan metode TOWS didapatkan perencanaan strategi untuk meningkatkan keunggulan bersaing yaitu melakukan memperluas area dan melengkapi fasilitas.

 

Kata Kunci: Perencanaan Strategis, Keunggulan Bersaing, Internal Factor Analysis Summary (IFAS) dan External Factors Analysis Summary (EFAS), dan SWOT

References

BIBLIOGRAPHY

Allison, K. (2005). Perencanaan Stategis Bagi Organisasi Nirlaba. Jakarta: Yayasan Obor.

David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic Management A Compotitive Advantage Approach, Concept and Cases (16 ed.). United States of America: Pearson Education Inc.

Nazir. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT (22ed.). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rufaidah, P. (2013). Manajemen Strategi (1 ed.). Bandung: Humaniora.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Wang, H. (2014). Theories for competitive advantage. Being Practical with Theory: A Window into Business Research, 33-43. Retrieved from eurekaconnection files wordpress: https://eurekaconnection.files.wordpress.com/2014/02/p-33-43-theoriesof-competitive-advantage-theori-ebook_finaljan2014-v3.pdf

Published

2023-12-23