PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN IKEA KOTA BARU PARAHYANGAN

Authors

  • Veronica Tasya Kurniawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan Bangsa
  • Laura Lahindah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan Bangsa
  • Michael Chandrawijaya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.61769/jabs.v7i2.601

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh experiential marketing dan brand image terhadap kepuasan pelanggan IKEA Kota Baru Parahyangan. Jenis penelitian ini adalah Causal Explanatory. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner melalui Google Form. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui secara pasti sehingga penulis menggunakan metode Lemenshow dan diperoleh sampel sebanyak 97 orang. Kriteria responden adalah pelanggan yang pernah berbelanja di IKEA Kota Baru Parahyangan


minimal satu (1) kali. Penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas yaitu experiential marketing (X1) dan brand image (X2) serta satu variabel terikat yaitu kepuasan pelanggan (Y). Data yang didapatkan diolah menggunakan software SPSS 25. Dari hasil pengujian melalui SPSS 25, didapatkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa experiential marketing dan brand image memiliki pengaruh simultan terhadap kepuasan pelanggan IKEA Kota Baru Parahyangan sebesar 52,3%, dan sisanya yaitu sebesar 47,7% dipengaruhi oleh variabel lainnya selain variabel dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiential marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan brand image memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

 

Kata Kunci: Experiential Marketing, Brand Image, dan Kepuasan Pelanggan

References

DAFTAR PUSTAKA

Andreani, F. (2007). Experiential Marketing (Sebuah Pendekatan Pemasaran). Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 2, No. 1, 1-8.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jannah, E. N. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan dan Brand Image terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Pelanggan Matahari Department Store di Jember.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management 14E. Prentice Hall.

Kusumawati, A. (2011). Analisis Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan: Kasus Hypermart Malang Town Square (MATOS). Jurnal Manajemen Pemasaran Modern, 75-86.

Lemeshow, S. (1990). Adequacy of Sample Size in Healthy Studies. New York: World Health Organization.

Lestyowati , J. (2019). Jurnal BPPK Volume 12 Nomor 2. ANALISIS PENGARUH DIMENSI BRAND IMAGE TERHADAP BRAND IMAGE DAN PERSEPSI PENGGUNA KEMENKEU CORPU, 59-73.

Maghfiroh, N. (2020). Pengaruh Experiental Marketing, Bonus Pack, dan Brand Image terhadap Customer Satisfaction pada Matahari Departement Store Matos Malang.

Neupane, R. (2015). The Effects of Brand Image on Customer Satisfaction and Loyalty Intention in Retail Super Market Chain UK. International Journal of Social Sciences and Management (IJSSM), 9-26.

Rosita, N. (2015). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan Swalayan Sinar Rahayu Negara Tahun 2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA.

Wijaya, B. S. (2013). Dimensions of Brand Image: A Conceptual Review from the Perspective of Brand Communication. European Journal of Business and Management , 55-65.

Zena , P. A., & Hadisumarto, A. D. (2012). The Study of Relationship among Experiential Marketing, Service Quality, Customer Satisfaction, and Customer Loyalty. ASEAN MARKETING JOURNAL Vol. IV No. 1, 37-46.

Published

2023-12-23