ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN TEKNOLOGI INFORMASI X UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN NET NEW ACCOUNT

Authors

  • Muhammad Yusuf Fadli Program Studi Magister Management - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan Bangsa
  • Laura Lahinda

Abstract

Perusahaan teknologi informasi yang merupakan salah satu perusahaan yang beroperasi di Indonesia dan merupakan salah satu mitra dari SAP Indonesia (perusahaan teknologi asal Jerman). Di Indonesia mitra SAP berjumlah 24 mitra dengan fokus layanan yang beraga. Dengan jumlah mitra yang cukup banyak maka kompetisi untuk mendapatkan pelanggan memiliki tantangan sendiri, terutama ketika perusahaan nasional berhadapan dengan perusahaan multi nasioanal yang memiliki agresifitas tinggi. Problematika ini yang mulai terjadi belakangan ini dimana kendala dalam peningkatan penjualan kepada net new account perusahaan nasional yang memiliki fokus di pasar menengah untuk dapat melakukan akuisisi pelanggan baru. Manajemen strategi yang tepat akan mempengaruhi keberlanjutan bisnis dan meningkatkan faktor kompetitif pada industri implementasi teknologi informasi. Selain itu, perusahaan perlu secara konsisten melakukan formulasi strategi dengan melakukan analisa faktor eksternal dan internal, lalu melakukan implementasi strategi tersebut dan melakukan evaluasi secara berkala terkait strategi yang dijalankan

References

Allen, Melanie (2001). Analysing the Organisational Environment. United Kingdom: Select Knowledge Limited.

Barney, J., & Hesterly, W. S. (2005). Strategic Management and Competitive Advantage: Concepts and Cases. Inggris: Pearson.

Bensoussan, B. E., & Fleisher, C. S. (2013). Analysis without Paralysis: 12 Tools to Make Better Strategic Decisions. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Caspar, M., & Metzler, P. (2002). Entscheidungsorientierte Markenführung: Aufbau und Führung starker Marken. Arbeitspapier / Marketing-Centrum Münster [Münster]

David, Meredith E., Forest R David., Fred R David. 2009. The Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Applied To A Retail Computer Store. The Coastal Business Journal. Volume 8 (1):42-52.

Fred R, David. 2011. Strategic Management Concepts and Cases. Prentice Hall.

Fatihudin D, Hermansyah A. 2019. Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan)

Johnson, et al. (2017). Exploring Strategy: Text and Cases. Inggris: Pearson.

John, P. A., & Keith, R. D. (2008). Strategic Transformation as The Essential Last Step in The Process of Business Turnaround. Business Horizon Volume 51, Issue 2, 121-130.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Marketing Management. Inggris: Pearson.

Kubicki, M., & Milano, C. (2015). The Marketing Mix: Master the 4 Ps of marketing. Brussels: Plurilingua Publishing.

Noam, Eli. (2019). Media and Digital Management, Gewerbestrasse 11, 6330 Cham, Switzerland

Porter, M. E. (1996). What is Strategy. Harvard Business Review, 1-19.

Rao, K. R. M. (2007). Services Marketing. India: Dorling Kindersley.

Yunus, E. (2016). Manajemen Strategis. Yogyakarta: CV Andi Offset

Downloads

Published

2024-08-28