PENGARUH GREEN MARKETING MIX TERHADAP MINAT BELI PRODUK LOVE BEAUTY AND PLANET

Authors

  • Linda Gandajaya Harapan Bangsa Business School
  • Cynthia Mulyadi STIE Harapan Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.61769/jabs.v7i1.579

Abstract

Era globalisasi selain memberikan dampak positif, juga memberikan dampak negatif, seperti munculnya global warming. Munculnya berbagai permasalahan mengenai lingkungan, membuat perusahaan dan juga para konsumen memiliki kesadaran dalam menjaga kelestarian lingkungan. Green marketing mixdapat menjadi solusi yang bisa dijalankan oleh perusahaan untuk ikut ambil bagian dalam menjaga kelestarian lingkungan. PT Unilever mulai menerapkan strategi green marketing mixdengan meluncurkan brand Love Beauty and Planet. Brand Love Beauty and Planet mempunyai tujuan untuk menjawab kebutuhan produk personal care yang mampu berkontribusi dalam merawat bumi dan menginspirasi konsumen untuk melakukan hal yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi green marketing mixterhadap minat beli Love Beauty and Planet. Populasi yang digunakan ialah konsumen yang mengetahui produk Love Beauty and Planet. Pemilihan sampel menggunakan teknik probability sampling, yaitu simple random sampling dengan jumlah sampel 200 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang cukup kuat dengan koefisien korelasi sebesar 0,6003. Variabel green marketing mix mempengaruhi minat beli produk Love Beauty and Planet sebesar 36,04%.

Published

2023-04-19