ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MELALUI SOSIAL MEDIA PADA PT.ESA KREASIO SPORTINDO (STAYHOOPS)

Ira Agustina, Laura Lahindah

Sari


ABSTRACT

The apparel industry is one of the businesses with high growth rates. Stayhoops is one of the new arrivals is a pioneer in the apparel industry that presented a complementary accessory product for sporting performances are socks. This business is very prospective to be developed with current potential. Technological advances and government support to develop online businesses increasingly open opportunities for Stayhoops to reach a wider market because there are no longer limits on distance and time. Currently, Stayhoops is experiencing some obstacles in running its online business, because they do not fully understand how the right way to do business online. To overcome this, Stayhoops uses the services of a digital marketing agency to increase its online sales. Stayhoops products are designed to meet the target audience of teenagers and young people, average 15-24 years, where digital media is considered to be the most suitable media to reach them. Analysis of digital marketing strategies through social media is the right way to help Stayhoops business development. So the purpose of this research is to analyze marketing strategies through social media by Stayhoops. There are five stages to be carried out in this research, are the situation analysis stage, the goal setting stage, the stage of determining target consumers, the stage of determining social media, and strategy formulation. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. Data collection is done by observation, documentation, and interviews. The results show that the digital marketing strategy that has been carried out by Stayhoops and the new digital marketing strategy created on Stayhoops social media accounts have an engagement and support for each other. The most effective use of social media to market Stayhoops products is with Facebook because it can reach new market share, Instagram to retain consumers, Whatsapp, LINE, and Websites to encourage online purchases.  

ABSTRAK

Industri pakaian jadi merupakan salah satu bisnis yang tingkat pertumbuhannya tinggi. Stayhoops adalah salah satu pendatang baru dan menjadi pelopor di industri pakaian jadi dengan menghadirkan produk aksesoris pelengkap penampilan untuk berolahraga yakni, kaos kaki. Bisnis ini sangat prospektif untuk dikembangkan dengan potensi saat ini. Kemajuan teknologi serta dukungan pemerintah untuk mengembangkan bisnis online semakin membuka peluang Stayhoops untuk menjangkau pasar yang lebih luas karena tidak ada lagi batasan jarak dan waktu. Saat ini, Stayhoops mengalami beberapa kendala dalam menjalankan bisnis online-nya, karena mereka belum sepenuhnya memahami bagaimana cara yang tepat untuk berbisnis secara online. Untuk mengatasi hal tersebut, Stayhoops menggunakan jasa dari seorang digital marketing agency untuk meningkatkan penjualan online-nya. Produk Stayhoops didesain untuk memenuhi target konsumen kalangan remaja dan anak muda yaitu remaja dan anak muda berusia 15-24 tahun, dimana media digital dirasa menjadi media yang paling cocok untuk menjangkau konsumen pada segmen tersebut. Analisis strategi pemasaran digital melalui media sosial merupakan cara yang tepat untuk membantu perkembangan bisnis Stayhoops. Jadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran melalui media sosial yang dilakukan Stayhoops. Ada lima tahap yang akan dilakukan pada penelitian ini, yaitu tahap analisis situasi, tahap penentuan tujuan, tahap penentuan target konsumen, tahap penentuan media sosial, dan formulasi strategi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital yang sudah dilakukan oleh Stayhoops dan strategi pemasaran digital yang baru diciptakan pada akun media sosial Stayhoops memiliki keterikatan serta mendukung satu sama lain. Penggunaan media sosial yang paling efektif untuk memasarkan produk Stayhoops adalah dengan Facebook karena dapat menjangkau pangsa pasar baru, Instagram untuk mempertahankan konsumen, Whatsapp, LINE, serta Website untuk mendorong pembelian online.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Visitors