Analisis Faktor-Faktor yang Dipertimbangkan oleh Konsumen dalam Memilih Jasa Pengiriman Barang di Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Adil Sadar Dachi Institut Teknologi Harapan Bangsa
  • Sonna Kristina Institut Teknologi Harapan Bangsa
  • Marla Setiawati

Keywords:

Postur Kerja, Pandemi Covid-19, Keputusan Konsumen, Metode Analisis Faktor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui faktor-faktor apa saja yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam memilih jasa pengiriman barang di era pandemi Covid-19. Jumlah responden yang diteliti adalah 218 orang yang terdiri dari responden pengguna jasa untuk kepentingan bisnis sebanyak 104 orang dan responden pengguna jasa bukan untuk kepentingan bisnis sebanyak 114 orang. Metode yang digunakan adalah metode analisis faktor dengan pendekatan I, didukung dengan menggunakan SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat enam faktor yang dipertimbangkan konsumen pengguna jasa untuk kepentingan bisnis yaitu Faktor Fasilitas dan Promosi, Faktor Proses, Faktor Produk, Faktor Harga, Faktor Lokasi dan Faktor Kemudahan Akses (Aksesibilitas). Untuk jenis konsumen pengguna jasa bukan kepentingan bisnis terdapat tujuh faktor yang dipertimbangkan yaitu Faktor Fasilitas dan Promosi, Faktor Kepuasan Konsumen, Faktor Jaminan, Faktor Kemudahan Bagi Konsumen, Faktor Jarak, Faktor Harga dan Faktor Brand dan Payment System.

Published

2024-04-26

Issue

Section

Articles