Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Organisasi dengan Pendekatan Malcolm Baldrige Health Care Criteria for Performance Excellence 2011-2012 (Studi Kasus: Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih – Unit Pelayanan Medik)

Authors

  • Arief Samuel Gunawan Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Harapan Bangsa
  • Antonius Sigit Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Harapan Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.61769/jurtel.v8i1.68

Keywords:

Kinerja, Pengukuran Kinerja, Malcolm Baldrige National Quality Award, Malcolm Baldrige Criteria for Health Care Excellence 2011-2012, Workforce Focus, Operation Focus, Results, Kualitas

Abstract

Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih (RSBSA) adalah salah satu rumah sakit daerah yang mengalami transisi menjadi sebuah badan layanan umum. Selama proses transisi, telah dilakukan banyak perombakan proses bisnis untuk mencapai visi dan misinya. Untuk mengetahui apakah kinerja yang dilakukan sudah efektif, RSBSA merasa perlu untuk mengukur kinerjanya di bagian pelayanan medik. RSBSA juga memerlukan wadah untuk menampung masukan dari pasien untuk mengetahui pelayanan yang dirasakan dan pelayanan yang diharapkan. Pengukuran kinerja serta pengolahan feedback yang dilakukan, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi RSBSA dalam keputusan yang mendukung RSBSA untuk semakin meningkatkan kinerjanya. Pengukuran kinerja dalam unit pelayanan medik menggunakan tiga kategori dari Malcolm Baldrige Criteria for Health Care Excellence 2011-2012, yaitu Workforce Focus, Operation Focus, dan Results. Sistem pengukuran kinerja sendiri dibuat secara web-based dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Aplikasi menampilkan skor kategori serta feedback dari pasien yang diperoleh.

Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih (RSBSA) is one of the regional hospital in transition into a public service board. During the transition, RSBSA has done a lot of adjustment of its business processes to achieve its vision and mission. To find out whether the performance done is effective, RSBSA needs to measure its performance on medical service unit. RSBSA also need a system to process feedbacks from its patient to determine the perceived service and expected service. Performance measurement and feedback processing is expected to provide benefits for management to make decision for further enhancemet. Performance measurement in the medical service unit uses threee categories of the Malcolm Baldrige Criteria for Health Care Excellence 2011-2012, they are Workforce Focus, Operation Focus, and Result. Performance measurement system is developed as web-based application using programming language PHP. Application displays the score categories as well as feedback obtained from the patients.

Author Biographies

Arief Samuel Gunawan, Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Harapan Bangsa

Arief Samuel Gunawan, lahir pada 1980 di Bandung menerima gelar Sarjana Teknik dari Universitas Katolik Parahyangan Bandung Jurusan Teknik Industri pada tahun 2003, dan gelar Master in Industrial Management dari Katholieke Universiteit Leuven, Belgia pada tahun 2004. Saat ini menjabat sebagai Sektretaris Depertemen Sistem Informasi Institut Teknologi Harapan Bangsa dan aktif sebagai pengajar di departemen tersebut. Minat penelitian adalah pada Manajemen dan Analisis Proses Bisnis, Manajemen Operasional, Supply Chain Management, dan Enterprise Resource Planning (ERP).

Antonius Sigit, Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Harapan Bangsa

Antonius Sigit Harjanto, lahir pada tahun 1979 di Pontianak, menerima gelar Sarjana Teknik dari Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung pada tahun 2003. Dari tahun 2004 hingga 2009 terlibat secara aktif dalam tim konsultan pengembangan Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi pada berbagai instansi BUMN dan BUMD. Saat ini aktif sebaga staf pengajar pada bidang keilmuan Sistem Informasi. Minat penelitian pada analisis dan perancangan sistem informasi dan pendukung pengambilan keputusan untuk kebutuhan bisnis organisasi.

References

Azwar, S. Reliabilitas dan Validitas, Edisi 3. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Behn, Robert D., "Why Measure Performance? Different Purpose Required Different Measure." Public Administration Review, vol.63, no.5. Harvard University, 2003.

Gaspersz, Vincent, Fontana, Avanti. Malcolm Baldrige Criteria For Performance Excellence. Vinchristo Publication, 2011.

Hertz Harry S. "Baldridge Health Care Criteria 2011 -2012", 2011.

Rivai, H. Veithzal. Corporate Performance Management dari Teori ke Praktik. Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.

Siregar, Syofian Ir., Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Rajawali Pers Indonesia, 2011.

Published

2013-06-28

Issue

Section

Articles