PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN PRODUCT INVOLVEMENT TERHADAP BRAND ATTITUDE SHOPEE

Veren Kartika Dewi, Sandy Setiawan

Sari


ABSTRACT

Competition is now very tight and is a big consideration for companies, especially in Indonesia. In the face of competition, companies no longer focus on physical market performance, but also on online networks. Even online competition is not an easy thing to be minimized by the company, the article at this time, in Indonesia is not only one or two e-commerce, but many have circulated in the community. Companies are competing to be the best from various sides, for example the delivery of messages or information regarding their brands or selling products. In the delivery of information, the company is aware that it cannot stand alone, but it requires collaboration with influential people among the target market. Now the company has collaborated with celebrities to contribute support in delivering information and ordering brands and selling products. Through celebrity support, the community is directed to get to know their brands and products. By knowing the brands and products, consumers can also recognize the involvement of these products in their daily lives. Through that involvement, consumers can give an attitude or impression to the brand or product. This study wants to discuss the influence of celebrity endorsement and product involvement on brand attitude with quantitative methods. The population used in this study were management students from universities from 2015 to 2018 as many as 231 people, the minimum sample obtained was 146 people. This paper using SPSS to test the influence the two independent variables on the dependent variable. The results of the study show that there are simultaneous influences from Celebrity Endorsement and Product Involvement on Brand Attitude. The results of the study show that there is a positive effect of Celebrity Endorsement. Celebrity Endorsement affects Brand Attitude by 20.53%. While the Product Involvement variable affects Brand Attitude by 21.16%.

ABSTRAK 

Persaingan saat ini menjadi sangat ketat dan menjadi pertimbangan besar bagi perusahaan-perusahaan, khususnya di Indonesia. Dalam menghadapi persaingan, perusahaan sudah tidak lagi berpusat pada kinerja pasar fisik, namun juga dalam jejaring online. Persaingan didunia online pun bukan hal yang mudah untuk diminimalisir perusahaan, pasalnya saat ini, di Indonesia tidak hanya satu atau dua e-commerce, namun sudah banyak yang beredar dikalangan masyarakat. Perusahaan berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dari berbagai sisi, misalnya penyampaian pesan atau informasi terkait merek atau produk jual mereka. Dalam penyampaian informasi, perusahaan sadar tidak dapat berdiri sendiri, namun diperlukan kerjasama dengan orang-orang yang berpengaruh dikalangan target pasar. Kini perusahaan telah banyak bekerjasama dengan selebriti-selebriti untuk memberi kontribusi dukungan dalam penyampaian informasi serta pesan merek dan produk jual.  Melalui dukungan selebriti, masyarakat diarahkan untuk mengenal merek serta produknya. Dengan mengenal merek dan produknya, konsumen dapat pula mengenal keterlibatan produk tersebut dalam kehidupan sehari-harinya. Melalui keterlibatan itu pula konsumen dapat memberi sikap atau kesan terhadap merek atau produk tersebut. Penelitian ini ingin membahas perihal pengaruh celebrity endorsement dan product involvement terhadap brand attitude dengan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa manajemen aktif tahun 2015 sampai 2018 sebanyak 231 orang, minimum sampel yang diperoleh adalah 146 orang. Untuk menguji ada tidaknya pengaruh kedua variabel independen tersebut terhadap variabel dependen, maka dilakukan pengujian dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan dari kedua variabel bebas, yaitu Celebrity Endorsement dan Product Involvement terhadap variabel terikat yaitu Brand Attitude. Celebrity Endorsement mempengaruhi Brand Attitude sebesar 20,53%. Sedangkan untuk variabel Product Involvement mempengaruhi Brand Attitude sebesar 21,16%.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Visitors